"HIDUP-HIDUPILAH MUHAMMADIYAH DAN JANGAN MENCARI HIDUP DI MUHAMMADIYAH"

Kamis, 11 Desember 2014

Pelatihan MENWA di Kampus UMSIDA



Resimen Mahasiswa (disingkat menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapat pelatihan militer (unsur mahasiswa).
Markas komando Menwa bertempat diperguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

Loyalitas dan semangat korps yang di tanamkan nantinya akan menjadi perhatian khusus yang tamungkin di dapatkan jika membahas seperti UKM biasa. Terlepas dari sorotan soal sifat militarisme yang di benci sebagaian orang, MENWA memiliki struktur pendapat yang pasti dan tak akan berubah soal pentingnya pendidiikan kedisiplinan dan bela negara. Setelah lulus dan bekerja, banyak yang mengaku sangat terbantu dengan tradisi di MENWA.

Selain itu, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) selaku lembaga perguruan tinggi di kabupaten sidoarjo juga mendukung penuh dalam kegiatan yang telah di sepakati dan di putuskan bersama kementrian pertahanan dan juga beberapa kementrian yang lain. Dengan turut serta mendelegasikan mahasiswa dan mahasiswinya dalam kegiatan pelatihan  MENWA tersebut selama beberapa hari. 

Pihak rektorat, juga berharap ada nilai positif dengan kegiatan MENWA yang masuk dalam lingkungan kampus tersebut, dan di harapkan juga mahasiswa dan mahasiswinya juga bisa menjunjung tinggi nama baik UMSIDA ke depanya.