"HIDUP-HIDUPILAH MUHAMMADIYAH DAN JANGAN MENCARI HIDUP DI MUHAMMADIYAH"

Minggu, 26 Januari 2014

Rutinitas ....!!! Kenapa harus bosan


Terbangun dan terlelapnya seseorang dari tidurnya adalah sebuah awal dan akhir dari kehidupannya dalam suatu hari. Terjaga dan tertidur disanalah aktivitas dinamis seseorang dimulai dan tertunda, namun kebanyakan orang merasa kegiatan itu terasa biasa-biasa saja. Kalau kita renungi, banyak hal penting dari aktivitas-aktivitas yang hampir sama dengan aktivitas tidur itu. Yah, sebuah aktivitas rutin yang dijalani oleh setiap orang di sehari-harinya. Tidur, makan, minum, bekerja, belajar dan beribadah memang sebuah rutinitas yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Semua kegiatan itu sangat penting, penting untuk dilakukan dengan baik sebenarnya, karena konsekuensi dari semuanya akan menghasilkan manfaat yang baik. Namun sayang sekali, masih banyak orang merasa terbebani oleh rutinitas-rutinitas yang ada, jenuh, monoton, malas, dan terasa bosan. Perasaan-perasaan itulah yang membuat setiap orang tidak maksimal dalam melaksanakan rutinitasnya dengan baik, sehingga hasilnya pun samasekali tidak baik.

Kalau saja kita berpikir terbuka, kenapa kita harus merasa terbebani dengan rutinitas yang kita jalani sendiri, padahal jelas rutinitas itu untuk kepentingan diri kita sendiri dalam memenuhi sebuah kebutuhan. Semua rutinitas itu akan terasa manfaat dan nikmatnya ketika kita benar-benar menikmati rutinitas-rutinitas itu sendiri dengan senang hati. 

Tidur, makan, minum begitu pun bekerja, belajar dan beribadah adalah benar sama-sama sebuah rutinitas yang tak bisa dihindarkan oleh kita semua. Kalau saja kita memandang rutinitas itu menjadi sebuah kebutuhan dalam sehari-hari, jelas kita akan menyegerakan melakukan rutinitas itu, karena kita  memang membutuhkannya. 

Kalau kita benar-benar butuh tidur, jelas kita akan menyegerakan untuk mencari tempat tidur dan tidur lah kita, nikmat terasa tidur kita. begitupun bekerja, belajar dan beribadah, ketika kita benar-benar merasa membutuhkannya, kita tidak akan menunda-nunda rutinitas itu, jelas kita akan terburu-buru bangun, berangkat untuk bekerja, belajar dan beribadah. Ketika jam menunjukan waktunya kerja kita akan terdorong senang untuk menyegerakan bekerja. Lalu, ketika jam menunjukan waktunya belajar tentu kita akan terdorong senang untuk menyegerakan belajar, baik di rumah, sekolah, maupun di kampus. Sama, ketika jam menunjukan waktunya beribadah tentu kita juga akan terdorong senang untuk menyegerakan beribadah, tak ada kata terlewat ketika adzan berkumandang, tak ada kata terlewat ketika hati ingin mendekat padaNya.


Rutinitas itu akan benar-benar terasa nikmat ketika kita benar-benar menikmati dengan menjadikannya sebuah kebutuhan sehari-hari. Tak harus ada kata terbebani ketika kita ingin melakukan sesuatu yang nyatanya semua itu untuk kita sendiri. Tak harus kita merasa merugi ketika kita melakukan sesuatu yang jelas semuanya untuk kita sendiri. Tak harus merasa gundah-gelisah ketika semuanya dilakukan dengan senang hati. Senang karena terbiasa, indah semua terasa.(red*)